Minggu, 17 November 2013

Bekerja Sambil Kuliah ? Kenapa Tidak !

Bekerja sudah menjadi tuntutan yang wajib dipenuhi bagi tiap orang untuk dapat mempertahankan kehidupannya. Tiap orang berkeinginan untuk bekerja di bidang formal dan memperoleh gaji yang cukup untuk memenuhi kehidupannya ataupun untyuk mengejar jenjang karir yang lebih tinggi.
Tetapi ada kalanya seseorang tidak kuliah dulu karena keterbatasan biaya sehingga mengharuskannya memilih bekerja dengan bekal ilmu seadanya. Namun seiring dengan pendapatan yang dirasa sudah cukup untuk membiayai kehidupan maka pintu untuk kuliah akan terbuka.
Setelah memutuskan untuk kuliah sambil bekerja, seringkali muncul berbagai masalah terutama dlam membagi waktu, perhatian dan target yang akan dicapai.  Agar tidak sampai keteteran dan anatar pekerjaan dengan kuliah dapat berjalan selaras, maka perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
·         Memilih Jurusan Sesuai Dengan Pekerjaan
Kalau tujuan kita kuliah adalah untuk membantu promosi karier, pilih disiplin ilmu sesuai profesi sekarang. Misalnya, selama ini kita bekerja sebagai staff HRD maka sebaiknya memilih jurusan Hukum atau Psikologi.
·         Meminta izin Atasan
Dengan minta izin kepada atasan maka akan menjadi nilai plus bagi kita dan tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan kemudahan seperti memberi dispensasi agar kita bisa pulang lebih awal. Bahkan, di beberapa perusahaan, niat kuliah lagi itu sudah jadi jalan lancar menuju promosi.
·         Pertimbangkan jarak
Pilih kampus yang terjangkau  dari segi jarak dan waktu dari tempat kerja, terutama bila kita mengambil kelas reguler. Dengan begitu, energi nggak akan terkuras di perjalanan, dan otak kita masih segar untuk mengikuti perkuliahan.
·         Susun jadwal
Menyusun jadwal dengan cermat merupakan hal yang paling penting diperhatikan. Hal ini untuk menghindari tumpang tindih antara pekerjaan dan jadwal kuliah. Belum lagi jika ada tugas maupun masa-masa ujian di kampus. Selain itu sangat perlu menyisipkan waktu untuk refreshing ataupun berolah raga. Akan sangat membantu menjauhkan kita dari stres yang berlebihan atau jatuh sakit karena kecapean.
·         Cermati akreditasi
Dari sekian alternatif tempat kuliah, pilihlah yang bermutu baik. Akreditasnya sangat penting untuk diperhatikan untuk menghindarkan kita dari jebakan kampus-kampus yang hanya membajak nama atau statusnya tidak jelas.

Nah, dengan memperhatikan beberapa hal di atas maka kita akan lebih cermat dan bijak dalam membagi waktu. Pekerjaan diselesaikan dengan lancar bahkan tidak menutup kemungkinan memperoleh promosi, kuliah pun dapat dijalankan dengan baik tanpa khawatir akan mendapat nilai yang jelek dan kelamaan lulus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar